Search
×

Sign up

Use your Facebook account for quick registration

OR

Create a Shvoong account from scratch

Already a Member? Sign In!
×

Sign In

Sign in using your Facebook account

OR

Not a Member? Sign up!
×

Sign up

Use your Facebook account for quick registration

OR

Sign In

Sign in using your Facebook account

Shvoong Home>Writing & Speaking>The Stockholders’ Report (Laporan Pemegang Saham) Summary

The Stockholders’ Report (Laporan Pemegang Saham)

Article Summary   by:rhena    
ª
 
/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-style-parent:""; line-heigh t:115%; font-size:11.0pt; font-family:" Calibri","sans-serif"; mso-fareast-font-family:"TimesNew Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman";}

The Stockholders’ Report (Laporan Pemegang Saham)

Setiap korporasi memiliki bermacam cara untuk melakukan standardisasi atas catatan dan laporan aktifitas finansilnya. Secara berkala, laporan harus disiapkan untuk kepentingan para regulator (pembuat undang-undang), kreditor (pemberi pinjaman), pemilik korporasi, dan pihak manajemen.Tata cara dan petunjuk yang digunakan dalam menyusun dan menjaga catatan-catatan dan laporan keuangan dikenal sebagai Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).Praktek-praktek dan prosedur akunting disusun oleh badan penyusun tata aturan untuk profesi akunting yaitu Financial Accounting Standards Board (FASB).

Selanjutnya, pada tahun 2002 ditetapkanlah UU Sarbanes-Oxley yang bertujuan menghilangkan berbagai masalah dalam korporasi yang berhsil terungkap maupun konflik kepentingan yang terjadi.Atas dasar UU ini, didirikanlah the Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB), suatu korporasi non-profit yang bertugas mengawasi para auditor untuk korporasi publik (semacam BUMN).PCAOB bertugas melindungi kepentingan-kepentingan investor dan selanjutnya, kepentingan publik, melalui penyediaan laporan audit yang bersifat informative, adil, dan independen. Ekspektasi-ekspektasi semacam ini akan memberikan keyakinan kepada investor yang menginginkan laporan-laporan yang akurat atas hasil audit terhadap perusahaan-perusahaan milik publik.

Publicly owned corporation (korporasi milik publik atau semacam BUMN) yang memiliki aset senilai $ 5 juta dan 500 atau lebih pemegang saham menurut ketentuan Securities and Exchange Commission/SEC(Komisi Perdagangan Surat-Surat Berharga)---suatu badan milik pemerintah pusat yang mengatur penjualan dan pendaftaran sekuritas (surat-surat berharga)---diharuskan menyajikan laporan tahunan kepada para pemegang sahamnya. Laporan tersebut berisi ringkasan dan dokumen-dokumen menyangkut aktifitas keuangan perusahaan untuk tahun sebelumnya. Diawali dengan sebuah letter (surat penyampaian) dari pimpinan dan/atau manajemen papan atas dari perusahaan yang ditujukan kepada para pemegang saham (to stockholders).

Published: March 23, 2012   
Please Rate this Summary : 1 2 3 4 5
Translate Send Link Print
X

.